News

4 Kerugian Pakai Pinjol Ilegal, Bunganya Tinggi Banget!

4-kerugian-pakai-pinjol-ilegal-bunganya-tinggi-banget-1

JAKARTA – Pinjaman online (pinjol) ilegal tengah terang di kalangan masyarakat. Pinjol ilegal adalah layanan pembiayaan yang disediakan oleh perorangan ataupun badan tertentu dengan online/daring.

Sayangnya, pinjol ilegal tidak terekam dan berbadan hukum. Jadi, proses kerjanya juga kerap tidak mengikuti prosedur dengan sudah dibuat oleh negeri Indonesia dan berpotensi penipuan.

Menangkap Juga: Warga Tulungagung Bunuh Diri, Depresi Akibat Tagihan Pinjaman Online

Adapun, pinjaman online ilegal atau yang umum disingkat sebagai pinjol gelap merupakan layanan pinjaman/pembiayaan yang dilakukan secara online, tapi tidak berbadan hukum serta sesuai aturan sistem keuangan yang berlaku di Nusantara.

Pinjaman online ilegal berbahaya untuk digunakan karena pembiayaan yang Kamu dapatkan tidak berdasarkan sistem yang berlaku. Ada potensi penipuan yang besar serta bisa membuat Anda terlilit utang besar. Jadi, bukannya mendapatkan bantuan dana gres, justru Anda malah semakin terpuruk dalam jurang kemiskinan.

Menangkap Juga: Pinjol Ilegal Mengacaukan, RUU Perlindungan Data Awak Harus Dipercepat

Berdasarkan riset sebab OCBC NISP, Berikut Kecelakaan Pakai Pinjol Ilegal:

1. Data tercuri

Aplikasi pinjaman online gelap biasanya akan meminta keterangan pribadi serta akses terhadap setiap fitur dalam gawai Anda. Hal ini berbahaya karena jika sobat OCBC NISP mengiyakan, data Kamu bisa tercuri. Contohnya bagaikan nomor-nomor yang ada di dalam kontak, gambar di galeri, dan sebagainya.