News

6 Cara Mudah Menyusun Anggaran Rumah Tangga

6-cara-mudah-menyusun-anggaran-rumah-tangga-1

JAKARTA – Penting untuk mempunyai anggaran rumah tangga yang disetujui oleh seluruh bagian keluarga. Anggaran rumah tangga bertujuan untuk menciptakan status keuangan keluarga yang lebih teratur.

Mempunyai anggaran adalah bagian istimewa dari fondasi keuangan yang kuat. Dengan merancang perkiraan dapat membantu mengelola kekayaan, mengontrol pengeluaran, menghemat lebih banyak uang, melunasi hutang, atau menghindari hutang.

  Baca juga: 6 Jalan Menentukan Konsultan Keuangan Terbaik

Dilansir dari The Balance Jakarta, Sabtu (10/4/2021) Langkah-langkah berikut dapat membantu menyusun taksiran rumah tangga demi melahirkan tercapainya tujuan-tujuan keuangan.

Unduh serta Cetak Lembar Kerja Anggaran

Gunakan lembar kerja untuk menolong memulai anggaran. Dapat juga membuat lembar kerja taksiran menggunakan program spreadsheet percuma, seperti yang ditawarkan oleh Vertex42 dan It’s Your Money, atau bahkan memakai kertas dan pena saja.

  Baca juga: Cara Membandingkan Keuangan Usaha Kecil, Pelajari Hal Ini

Buat Daftar Penghasilan

Mulailah dengan mengetahui berapa banyak yang dihasilkan setiap bulannya. Masukkan semua sumber pendapatan yang dapat diandalkan seperti gaji dari order, tunjangan, tunjangan anak, serta lainnya. Jika mendapatkan kekayaan tunai dari pekerjaan atau hobi di luar, namun tidak secara teratur, jangan memasukkan itu sebagai penerimaan dalam anggaran.

Namun, jika seorang wiraswasta atau memiliki pendapatan dengan berfluktuasi, gunakan pendapatan bulanan rata-rata atau perkiraan penerimaan yang ingin diterima pada bulan tertentu.