News

Anak Buah Erick Thohir Sebut Jangan Alergi Impor SDM untuk BUMN

Anak Buah Erick Thohir Sebut Jangan Alergi Impor SDM untuk BUMN

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Hak Negara (BUMN) terus membenahi human capital atau sumber daya manusia (SDM) sejumlah perseroan plat merah. Bahkan, rencana transformasi SDM tersebut dilakukan dengan menggunakan talenta importir dari negara lain.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni mengatakan, impor talenta menetapkan untuk mengakselerasi transformasi human capital di tubuh BUMN. Dia menilai, dengan cara itu, sejumlah perseroan negara pun akan dapat menjadi eksportir talent.

  Mengucapkan juga: Sadar Tidak Sadar, BUMN Dikepung Kompetitor

Karena itu, dia mengisbatkan, Indonesia tidak boleh alergi terhadap SDM yang didatangkan dari negeri lain untuk membenahi BUMN.

“Sebelum jadi eksportir talenta untuk bangsa Indonesia, kita tidak boleh alergi untuk impor talenta untuk mengakselerasi transformasi, ” ujar Alex dalam Webinar, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Alex menjelaskan, seyogyanya Indonesia kudu melakukan impor talent terlebih dahulu. Hal itu seiring SDM pada Indonesia terbilang sedikit bila dibandingkan dengan SDM negara-negara lainnya. Kata pendahuluan dia, bila import talent dikerjakan, dengan begitu Indonesia akan bisa melahirkan expert talent.

  Baca juga: Erick Thohir Prediksi Kasus Covid-19 dalam RI Tembus 500. 000 Akhir Desember

Dia mencontohkan, langkah itu dilakukan perhimpunan sepakbola dunia, FC Barcelona. Di mana, FC Barcelona banyak memiliki pemain bertalenta namun masih terus mengimpor talenta di luar klub-nya.

“Kadang-kadang kita harus impor talent terlebih dahulu hingga akhirnya kita bisa beranak expert talent. Bahkan Barcelona yang sudah sebegitu besarnya perlu import talent juga, ” ujar tempat.

Transformasi SDM BUMN, lanjut dia, dilakukan buat menggenjot kinerja BUMN agar berpunya bersaing di kanca internasional.

(rzy)