News

Batas Waktu Pemblokiran Kartu ATM Magnetic Stripe di 3 Bank

batas-waktu-pemblokiran-kartu-atm-magnetic-stripe-di-3-bank-1

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) sudah menginstruksikan penggantian kartu ATM menjadi berbasis chip. Kartu chip ini akan menyerahkan beberapa manfaat bagi nasabah, seperti kemudahan melakukan transaksi debit online dan meminimalisir kejahatan dengan modus pencurian data lewat magnetic stripe pada kartu.

Beberapa bank memiliki agenda blokir untuk kartu ATM yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe. Dikutip dari laman resmi masing-masing bank, berikut ini jadwal pemblokiran kartu ATM atau volume dengan teknologi magnetic stripe pada tiga bank:

Bank Sendiri

Bank Mandiri akan melaksanakan proses blokir secara berangsur-angsur sesuai dengan kriteria expiry date atau tanggal tua kartu. Tahap I, Bank Mandiri sudah memblokir kartu ATM dengan expiry date 2021-2022 pada 1 April 2021 lalu.

Sementara kartu ATM secara expiry date 2023-2025 bakal diblokir pada 1 Juni 2021. Sedangkan kartu dengan expiry date 2026-2030 diblokir pada 1 Juli 2021.

Bank Negara Indonesia (BNI)

BNI menyerahkan kesempatan kepada nasabahnya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi chip mematok 30 November 2021. Sesudah tanggal itu, BNI akan melakukan penonaktifan kartu ATM berbasis magnetic strip.

Bank Central Asia (BCA)

BCA memberikan periode kepada nasabahnya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi chip hingga simpulan 2021. Itu karena efektif 1 Januari 2022, surat ATM BCA lama berbasis magnetic stripe sudah tak bisa digunakan untuk melayani transaksi.

Baca selengkapnya: Buruan Ganti, Ini Jadwal Blokir Surat ATM Magnetic Stripe

(fbn)