News

Cadangan Devisa Naik Jadi USD137 Miliar di Akhir Agustus

Cadangan Devisa Naik Jadi USD137 Miliar di Akhir Agustus

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat kedudukan cadangan devisa Indonesia pada simpulan Agustus 2020 sebesar USD137, 0 miliar. Besaran tersebut meningkat dipadankan dengan posisi akhir Juli 2020 sebesar USD135, 1 miliar

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan merinci posisi cadangan devisa tersebut sepadan dengan pembiayaan 9, 4 bulan impor atau 9 bulan impor dan pembayaran utang luar jati pemerintah, serta berada di berasaskan standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

  Mengaji juga: Cadangan Devisa Naik USD3, 4 Miliar di Akhir Juli

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut bisa mendukung ketahanan sektor eksternal beserta menjaga stabilitas makroekonomi dan bentuk keuangan, ” ujar Onny pada Jakarta, Senin (7/9/2020).

Kata dia, peningakatan persediaan devisa pada Agustus 2020 kurun lain dipengaruhi oleh penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta arahan pajak dan devisa migas.

  Baca pula: Melantai di Bursa Saham secara e-IPO, Berikut Penjelasan BEI

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, bersamaan dengan berbagai respons kebijakan pada mendorong pemulihan ekonomi, ” jelasnya.

(rzy)