News

Duh! Tagihan Belum Dibayar, PHRI Bakal Tolak Isolasi Sendiri Pasien Covid-19

duh-tagihan-belum-dibayar-phri-bakal-tolak-isolasi-mandiri-pasien-covid-19-1

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Nusantara (PHRI) Maulana Yusran mengizinkan apabila program isolasi mandiri (isoman) di hotel mencuaikan pembiayaan pemerintah dihentikan ketimbang pembayaran kepada hotel berasaskan jasa tersebut terus ditunda sehingga berdampak pada operasional usaha.

“Respons kami lebih kepada melamar tagihan yang belum terbayar. Tapi kalau belum tersedia kepastian tentang pembayaran, dasar itu langkah yang memutar bagus, ” kata Maulana saat dihubungi di Jakarta, Selasa (16/6/2021).

Baca Juga:   Isolasi Mandiri di Hotel Dihentikan, Pengusaha Minta Negeri Bayar Tunggakan dan Vaksinasi 

Menurutnya, masalah pembayaran menjadi hal yang sangat sensitif pada saat industri hotel di dalam situasi yang kurang jalan semenjak adanya pandemi COVID-19. Program fasilitas isolasi mandiri di hotel untuk pasien tanpa gejala, penginapan gaya kesehatan, karantina repatriasi dengan dilakukan oleh pemerintah dinilai sebagai program yang positif bisnis hotel untuk memperoleh demand.

Namun jika masih ada tahanan dalam hal pembiayaan, introduksi Maulana, masalah sekecil apapun terkait pendapatan yang menjadi kebutuhan utama akan sangat berdampak pada biaya operasional hotel.

“Karena kan ada operasional cost, terkait membayar gaji pekerja, dan kebutuhan lain dengan sifatnya tetap, ” sebutan Maulana.