News

Harga Vaksin Covid-19 Tak Pasti, Sri Mulyani Siapkan Cadangan Anggaran

Harga Vaksin Covid-19 Tak Pasti, Sri Mulyani Siapkan Cadangan Anggaran

JAKARTA – Pemerintah dalam hal itu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memasukkan biaya cadangan untuk pembelian vaksin Covid-19. Hal ini agar bisa membeli vaksin dengan harga berapapun nantinya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengutarakan penambahan dana cadangan ini dikarenakan adanya ketidakpastian harga vaksin corona yang akan digunakan masyarakat Indonesia.

  Menyuarakan juga: Sri Mulyani ke Karakter Kaya: Bayar Vaksin Covid-19

“Anggarannya saya sediakan tahun ini dan tahun ajaran secara bertahap, karena ada ketidakpastian harga dan lainnya, nanti mau secara dinamis. Tapi yang penting kami transparan, ” kata tempat dalam video virtual, Senin (19/10/2020).

Dia meneruskan pengadaan vaksin corona hingga bisa digunakan masyarakat merupakan proses lama, mulai dari riset, produksi, penentuan harga, distribusi, hingga ke penerapan secara massal.

  Baca juga: Jokowi: Menkes Urus Vaksin Gratis, BUMN yang Berbayar

“Tentu karena ini kondisi Covid-19 sudah mempengaruhi negatif dan seluruh engara berlomba-berlomba menemukan covid, ” katanya.

Dia memasukkan cadangan anggaran ini akan dikerjakan multiyears dan sudah diatur di dalam Peraturan Presiden khusus vaksin. Mengikuti mengundang KPK dan Kejaksaan supaya proses ini transparan.

“Ini juga yang akan jadi tambahan anggaran yang kudu disediakan APBN, ” tandasnya.

(rzy. -)