News

Jadwal Miliarder Tertua, Nenek 93 Tahun Punya Harta Rp17, 8 Triliun

daftar-miliarder-tertua-nenek-93-tahun-punya-harta-rp178-triliun-1

JAKARTA – Perekonomian Filipina mengalami pemulihan. Hal tersebut terlihat dari pergerakan saham pada Filipina menunjukkan kenaikan had 13%.

Kejadian ini pun berdampak di dalam kenaikan kekayaan para orang kaya di Filipina. Substansi orang terkaya di Filipina naik 30% menjadi USD79 miliar atau setara Rp1. 125, 7 triliun (kurs Rp14. 258 per USD).

Mengutip data Forbes, Jumat (10/9/2021), telah ditetapkan daftar karakter terkaya di Filipina . Dari data berikut karakter terkaya tertua di Filipina:

1. Mercedes Gotianun

Usia: 93 tarikh

Kekayaan: USD1, 25 miliar (Rp17, 8 triliun)

Mercedes Gotianun ialah pengusaha serta investor. Dia terkenal karena menjalankan Filinvest Development Corporation, sebuah konglomerat besar Filipina yang memiliki sebagian luhur Filinvest Land, Inc. & East West Banking Corporation.

Membaca Juga:   5 Miliarder Muda Tajir Melintir, Tersedia yang Punya Harta Rp57 Triliun

Gotianun juga fokus di biofuel dan telah mengakuisisi dua pabrik gula serta perkebunan. Pada tahun 2008, kekayaannya telah menurun pandai menjadi USD235 juta atau sekitar Rp3, 3 triliun, akibat dari penurunan keuangan global tetapi pada tarikh 2014 ia kembali ke peringkat miliarder dengan substansi lebih dari USD1 miliar menurut Forbes.

2. Oscar Lopez

Leler: 91 tahun

Kekayaan: USD300 juta (Rp4, 2 triliun)

Oscar Lopez adalah ketua emeritus Lopez Holdings, yang memiliki kepentingan di bagian listrik, distribusi, telekomunikasi, infrastruktur, dan pengembangan properti. Oscar Lopez juga memiliki bagian di ABS-CBN, yang dibangun pada tahun 1946 jadi penyiar tetapi sejak tersebut berkembang menjadi perusahaan media dan hiburan.

3. Ricardo Po Sr.

Usia: 90 tahun

Kekayaan: USD1, 45 miliar (Rp20, 6 triliun)

Ricardo Po Sr. mendirikan Century Pacific, pengekspor produk tuna berlabel swasta Filipina, pada tarikh 1978. Dia tetap menjadi ketua emeritus.

Baca Juga:   Anak Orang Terkaya MENODAI Tambal Sepatu Jebol Pakai Lakban, Netizen: Padahal Bisa Beli Pabriknya

Po, yang usaha awalnya adalah perusahaan periklanan Cathay Promotions, kehilangan beberapa besar kekayaannya dalam kehancuran pasar saham tahun 1973.

Melalui Arthaland miliknya, Po juga mempunyai minat dalam pengembangan kekayaan. Century Pacific memiliki saham besar dalam rantai makanan cepat saji Shakey’s Pizza, yang go public di dalam Desember 2016.