News

Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung Senilai Rp1, 78 Triliun

jokowi-resmikan-bendungan-way-sekampung-senilai-rp178-triliun-1

JAKARTA – Pemimpin Joko Widodo meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Piringsewu, Provinsi Lampung, yang mempunyai kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan merata genangan hingga 800 hektare.

“Bendungan itu multifungsi, bisa untuk irigasi, kemudian untuk air patokan, juga untuk pembangkit listrik serta pengendalian banjir, ” kata Presiden Jokowi yang disiarkan langsung kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden daripada Piringsewu, Lampung, Kamis (2/9/2021).

Menangkap Juga: Bakal Diresmikan Jokowi, Intip Penampakan Bendungan Way Sekampung

 

Bendungan yang dibangun sejak 2016 tersebut melenyapkan dana Rp1, 78 triliun. Bendungan tersebut mampu merendam 55 ribu daerah irigasi saat ini (existing), & 17. 500 hektar wilayah irigasi baru.

Presiden mengatakan kemampuan pengairan dari bendungan ini menunjukkan ekstensifikasi yang diharapkan berkontribusi meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain untuk pertanian, bendungan ini juga berharta menyediakan air baku sebesar 2, 737 liter per detik, kemudian menjadi sumber pembangkit tenaga listrik 5, 4 Megawatt, dan menjelma pengendali banjir.