News

KPPU ‘Pelototi’ Dugaan Pelanggaran Tender Pengadaan Bantuan Covid-19

KPPU 'Pelototi' Dugaan Pelanggaran Tender Pengadaan Bantuan Covid-19

MEDAN – Komisi Pengawas Persaingan Cara (KPPU) Republik Indonesia ikut mengawasi pelaksanaan tender bantuan yang buat masyarakat yang terdampak Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Hal itu ditegaskan, Kepala Kantor Wilayah I KPPU-RI, Ramli Simanjuntak ketika menggelar diskusi lewat telekonfrensi bersama para jurnalis di Medan, Selasa (9/6/2020) petang.

Baca Juga: Sepi, Bisnis Sewa Helikopter Terdampak Corona

“Iya tentunya kita awasi. Apalagi pengadaan barang dan jasa ini diaplikasikan di seluruh tingkatan, mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota, ” sebut Ramli.

Ketika ini, kata Ramli, pihaknya tengah mengumpulkan data-data bantuan tender pengadaan barang dan jasa untuk bantuan tersebut.

Lihat Juga: Dua Sebab Lonjakan Kasus Covid-19: Penularan saat Lebaran lalu Masifnya Pemeriksaan

“Sementara ini kita masih perbuat penelitian. Belum penyelidikan. Tapi jika nanti kita temukan ada indikasi, ya bisa saja langsung kita lakukan penyelidikan, ” tukasnya.

Dalam pengumpulan data-data tersebut, lanjut Ramli, pihaknya juga ikut mendata pengusaha yang mengikuti sensitive. Pihaknya juga mendalami kemungkinan adanya persekongkolan, monopoli dalam tender pengadaan bantuan tersebut.

 

“Kita kumpulkan data-datanya. Sampai ke perusahaan-perusahaan. Berapa harga yang mereka gunakan. Semuanya indikasi yang wujud kita teliti. ” terangnya.

Loading…