News

Ledakan Kasus Covid-19, Ketua Banggar Khawatir APBN Tertekan

ledakan-kasus-covid-19-ketua-banggar-khawatir-apbn-tertekan-1

JAKARTA – Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR MENODAI Said Abdullah mengkhawatirkan kedudukan Anggaran Pendapatan dan Bayaran Negara (APBN) jika pandemi COVID-19 yang masih menunjukkan kenaikan penambahan kasus baru terus berlanjut.

“Mencermati keadaan dunia serta dalam negeri kita akibat COVID-19 dengan tingkat uncertainty tinggi dan bila tidak terkelola dengan cukup indah, maka akan berdampak umum terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan kesehatan rakyat. Bila keadaan seperti ini berlaku lama, maka akan berkonsekuensi mendalam terhadap APBN kita, ” ujar Said dilansir dari Antara, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Sorry PNS, Sri Mulyani Alihkan Anggaran Kunjungan Dinas dan Rapat buat Covid-19

Said pun meminta negeri menyusun skenario terburuk masa kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kesibukan Masyarakat (PPKM) tidak cukup efektif menekan tingkat pasti COVID-19 harian.

Meski demikian dia melegalkan skenario terburuk tersebut akan membutuhkan dukungan anggaran benar besar sehingga berkonsekuensi dalam perubahan arah kebijakan serta sasaran dari postur APBN 2021 dan Rencana APBN 2022.

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Sri Mulyani Sebut APBN Motor Penggerak Ekonomi

Sekitar ini, lanjut Said, ringkasan APBN pada 2021 dan 2022 adalah skenario perbaikan baik dari sisi baik, ekonomi, maupun kesehatan. Namun demikian, APBN belum memitigasi skenario gelombang demi aliran dari pandemi yang berlaku lebih lama.

“Minggu lalu saya telah menyarankan pemerintah untuk tiba melakukan refocusing anggaran. Bakal tetapi melihat situasi serta potensi risiko yang ada, selain refocusing, pemerintah menetapkan melakukan kebijakan lebih jauh yang komprehensif, ” kata pendahuluan Said.