News

Masih Ada Sisa Gaji ke-13 untuk Long Weekend, Begini Mengelolanya!

Masih Ada Sisa Gaji ke-13 untuk Long Weekend, Begini Mengelolanya!

JAKARTA – Pencairan gaji ke-13 untuk PNS sudah dilakukan pada Senin 10 Agustus 2020 kemarin. Tentunya, hal tersebut menjadi yang ditunggu-tunggu oleh sejumlah penerima.

Namun, adanya gaji tersebut juga harus diperhatikan dengan baik. Apalagi dengan adanya libur ‘longweekend’ yang dimulai dari Sabtu (15/82020) hingga Senin (17/8/2020) mendatang.

 Baca juga: Punya Penghasilan Pas-pasan, Asuransi Apa yang Perlu Diutamakan?

Seperti yang dikatakan oleh Perencana Keuangan Andreas Freddy Pieloor, dirinya mengatakan bahwa penggunaan gaji ke-13 di long weekend ini seharusnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat prioritas.

Penggunaan gaji ke-13 ini disarankan dirinya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, walaupun mungkin saja sebenarnya kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi dengan gaji bulanan biasanya. Selain itu Andreas pun mengatakan bahwa pentingnya untuk menyiapkan dana tersebut sebagai dana sampingan atau dana darurat.

 Baca juga: Kenapa Aset Properti Perlu Diasuransikan? Ini Jawabannya

Apalagi di kondisi yang tak menentu seperti saat ini, dirinya mengatakan bahwa jika menyimpan dan menyisihkan uang untuk masa depan, pastinya disaat masa pensiun akan menjadi lebih tenang bukan? Dalam artian lain, setiap individu harus bersiap diri menghadapi hal tak menentu dikemudian hari.

“Ingat pepatah, bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Sama kayak semut, mereka cari makan pas ada matahari gak ada huja, jadi pas turun hujan mereka sudah ada cadangan makanan.” ujar Andreas saat dihubungi oleh Okezone, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Untuk kondisi saat ini, dirinya menyarankan agar tidak bersikap konsumtif apalagi adanya Harbolnas kemarin. “Beli barang yang memang sudah direncanakan tidak menjadi masalah, tapi untuk barang yang tidak dibutuhkan bisa nanti kan?” papar Andreas.

 Baca juga: Ada Ancaman Krisis Ekonomi, Penting Enggak Punya Asuransi?

Selain itu, untuk menyiati akhir pekan ini dirinya memberikan masukan, jika memang masih ada sisa gaji ke-13 untuk dimanfaatkan bersama keluarga. Sekedar memesan makanan, atau membeli minuman kopi.

“Menghabiskan waktu bersama,sambil nonton film sambil makan popcorn asyik juga kan? Intinya, jangan bersikap konsumtif ya,” tutup Andreas.

(rzy)

Loading…