News

Membuka Direksi BUMN, ET Pilih yang Miliki Kemampuan Ketepatan Susun Business Model

Membuka Direksi BUMN, ET Pilih yang Miliki Kemampuan Ketepatan Susun Business Model

JAKARTA kepala Menteri Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) Erick Thohir buka-bukaan terakait alasannya sering melakukan bongkar pasang direksi pada perusahaan pelat abang. Apalagi yang dilakukannya selalu mendapatkan respons beragam.

Erick Thohir mengatakan, perombakan direksi selalu disiapkan juga bisnis model serupa apa. Bisnis model yang dimiliki oleh Kementerian BUMN disesuaikan dengan sosok yang tepat baik dengan ada di talent pool maupun dari luar.

  Menangkap juga; Erick Thohir Sindir Pertamina: Hulu Diambil, Tapi Lifting Mendarat Terus

“Begini, bukan hanya memilih direksi akan tetapi juga kita menyiapkan bisnis langgam yang benar. Kita akan tentukan arah bisnisnya dan pemimpinnya, ” ujarnya dalam acara Manager Forum MNC Group, Kamis (25/6/2020) kemarin.

Menurut Erick Thohir, direksi harus fokus pada tujuannya membantu negara. Sebab, perusahaan BUMN merupakan titipan semata karena asetnya milik negara.

  Baca juga: Dukung Keluaran Lokal, Erick Thohir: Bukan Kita Anti Impor

“Jangan mikirin kepentingan pribadi. Sebagai negara jalan tapi bonus tantiem itu hak mereka. Yang betul jangan mengubah dari tadinya celaka jadi untung, ” jelasnya.

Erick pun akan membela direksi selama dia mampu melaksanakan bisnis model yang dimiliki oleh Kementerian BUMN. Namun ada kira-kira direksi yang tidak mengerti informasi keuangan.

“Banyak seluruhnya direksi yang tidak mengerti masukan keuangan. Nah jangan-jangan dia tidak mampu, ” ucapnya.

  Baca juga: Sering Rombak Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan karena Like or Dislike

Dia mempertunjukkan saat penetapan direksi PT Pertamina hingga PT Pelindo yang biasa dari talent pool Kementerian BUMN. Sebab mereka berhasil meyakinkan mengenai rencana perusahaan dalam jangka sirih, menengah dan panjang.

“Selama dia bisa present startegi ke depan seperti ini. Kejadian hal seperti ini yang beta perlukan dari mereka, ” sebutan Erick.

(rzy)

Loading…