News

Memikirkan! Ke Pasar Tak Harus Tunjukkan Surat Vaksin akan tetapi Prokes Harga Mati

ingat-ke-pasar-tak-harus-tunjukkan-surat-vaksin-tapi-prokes-harga-mati-1

JAKARTA – Protokol kesehatan tubuh harus dilakukan ketika asosiasi pergi ke pasar tradisional. Meskipun tak perlu kartu vaksin dan swab Antigen saat belanja ke rekan.

“Di pasar rakyat, syarat vaksinasi dan Antigen dimungkinkan untuk tak diterapkan. Hal ini sebab pasar rakyat adalah tempat menjual barang kebutuhan sari yang dibutuhkan masyarakat pada kehidupan sehari-hari, ” cakap Direktur Jenderal Perdagangan Pada Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan dilansir daripada Antara, Kamis (12/8/2021).

Baca Pula: Seluruh Pasar Boleh Bekerja, Berikut Daftar dan Tanda Operasionalnya

Selain itu status di pasar rakyat bertentangan dengan pusat perbelanjaan serta mal, di mana sebagian besar pasar rakyat berada di ruang terbuka secara sistem sirkulasi udara mengambil yang risiko penularannya tidak setinggi area pusat perbelanjaan yang berada di kawasan tertutup berpendingin udara.

Namun, tegas Oke, para pengunjung dan penjual di pasar rakyat juga wajib menerapkan prokes lainnya seperti menggunakan masker, membersihkan tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

Baca Juga: Keluh Pedagang Pasar Omzet Turun, daripada Rp4 Juta Kini Raup Rp2 Juta

“Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan serta menjaga kesehatan para pengunjung dan penjual. Kuncinya, implementasi prokes secara disiplin, ” kata Oke.

Meski demikian, lanjut Oke, pada beberapa fasilitas jemaah yang tertutup dan memakai pendingin udara (AC) serupa diberlakukan persyaratan khusus.