News

Mengintip Bisnis Ikan Cupang yang Membuat Cuan

Mengintip Bisnis Ikan Cupang yang Membuat Cuan

JAKARTA – Bisnis ikan cupang hias merupakan satu peluang usaha yang menjajikan keuntungan lulus besar. Permintaan pasar terhadap ikan ini masih tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Harga ikan cupang bervariasi sesuai dengan usia, jenis, serta warnanya. Sejak usia 1, 5-2 bulan ikan cupang sudah mampu dijual di pasaran secara satuan atau borongan.
Dikutip dari buku Kultur Ikan Cupang karya Sunari, Selasa (15/12/2020) bila borongan atau dikenal dengan penjualan satu lubuk, harganya mulai dari Rp200. 000-Rp1. 500. 000 tergantung ripe serit serta warnanya. Penjualan satuan, harga bani ikan usia tersebut berkisar Rp10. 000-Rp150. 000 sesuai dengan ripe serit dan warnanya.

Baca juga: Sejarah Ikan Cupang Sejak Masuk Indonesia, Sripanggung dari 1960-an

Sementara harga ikan dengan siap kontes lebih mahal lagi, kisarannya bisa mencapai Rp300. 000-Rp1. 000. 000 per ekornya. Harga disesuaikan dengan jenis cupang. Makin langka makin tinggi juga harganya. Kerapatan sirip, warna, dan wujud tubuh juga bisa memengaruhi kehormatan cupang.

Perawatan ikan cupang juga tidak memerlukan perkakas khusus. Penggemar ikan ini tidak perlu membuat aquarium dengan aerator sebagaimana umumnya memelihara ikan hias lainnya, cukup dengan aquarium kecil atau toples.