News

Pasal Kontrak PPPK Guru Tak Diperpanjang

Pasal Kontrak PPPK Guru Tak Diperpanjang

JAKARTA – Deputi bidang Pola Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan ada beberapa hal yang menerbitkan kontrak pegawai pemerintah dengan konvensi kerja (PPP) guru dihentikan. Seperti diketahui berbeda dari PNS, PPPK memilik masa kerja tertentu. Pada mana paling singkat satu tarikh dan dapat diperpanjang.

Suharmen mengatakan penyebab pertama berakhirnya masa kontrak PPPK guru merupakan karena adanya pemberhentian dengan segan.

Baca Juga: Masa Kontrak PPPK Guru Bisa Sampai Pemisah Usia Pensiun, Asal…

“Kalau misalnya jangka masa perjanjian sudah berakhir. Misalnya kalau dia sudah memasuki batas usia yang dipersyaratkan di dalam jabatannya. Kalau guru misalnya batas piawai yang dipersyaratkan di dalam jabatannya maksimum 60 tahun maka nanti mereka dapat diberhentikan dengan hormat setelah yang bersangkutan bisa mencapai batas usia 60 tahun, ” katanya dikutip dari konferensi pers virtual, Selasa (24/11/2020).

Selain itu pemberhentian dengan takzim juga dikarenakan meninggal dunia, pada pemintaan sendiri dan juga kalau terjadi perampingan organisasi yang menjadikan pengurangan PPPK.

 

“Lalu juga Karena dia tak cakap secara jasmani dan/atau rohani. Sehingga yang bersangkutan tidak berharta menjalankan tugas dan kewajiban sebagaimana yang diperjanjikan di dalam kontak kerjanya mereka, ” ujarnya.

Selanjutnya penyebab kedua kala kerja PPPK guru berakhir ialah karena diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri. Di antaranya PPPK tersebut dihukum penjara sebab melakukan tindak pidana dengan kejahatan penjara singkat 2 tahun. Di mana tindak pidana dilakukan dengan tidak berencana.