News

Pemangkasan Eselon Dikebut, Apa Sih Maksudnya?

Pemangkasan Eselon Dikebut, Apa Sih Maksudnya?

JAKARTA – Pemerintah tengah mempercepat untuk melakukan penyederhanaan birokrasi dengan memangkas jabatan eselon III, IV dan V diganti menjadi jabatan fungsional. Ditargetkan, pemangkasan eselonisasi ini bisa rampung dalam akhir tahun nanti.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, ada beberapa tujuan lantaran penyederhanaan birokrasi ini. Pertama ialah untuk mempercepat perizinan sehingga mampu meningkatkan investasi dan juga kemajuan ekonomi agar tumbuh dengan segera.

Baca Juga:   Tiba Hari Ini Jam Kerja PNS Dibagi 2 Shift

“Jadi pengertian penyederhanaan birokrasi dalam jangka pendek kemarin sebelum ada covid. Mempercepat Kementerian/Lembaga menyampaikan perizinan agar investasi dan tengah daerah berjalan dengan baik. & pertumbuhan daerah dan pusat hendak tumbuh dengan cepat, ” ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (22/6/2020).

Menurut Tjahjo, arah kedua adalah untuk mempercepat penyajian publik. Mengingat tugas utama dibanding ASN sebagai abdi negara adalah melayani masyarakat.

“Kedua juga mempercepat memberikan pelayanan umum di semua kementerian lembaga yang ada, ” kata Tjahjo.

Baca Juga:   Pengaturan Jam Kerja PNS & Swasta saat New Normal, Cek disini

Oleh karena itu lanjut Tjahjo, dirinya meminta kepada seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk sesegara mungkin melakukan pemangkasan eselon. Memikirkan saat ini baru sekitar 60% Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang melakukan reformasi birokrasi.

“Kaitannya dengan poin keempat (penyederhanaan birokrasi) kami menyampaikan terima berkelakar kepada seluruh sekjen, Sesmen & sekda-sekda yang sampai bulan Juli ini sudah mendekati 60% sempurna. Diharapkan Desember ini selesai dengan keseluruhan, ” jelasnya.

(kmj)

Loading…