News

Penghasilan ke-13 Cair Juni, Telah Ditunggu PNS Bayar Bani Sekolah

gaji-ke-13-cair-juni-sudah-ditunggu-pns-bayar-anak-sekolah-1

JAKARTA berantakan Mungkin tidak banyak dengan tahu, gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sering dikenal sebagai uang ‘bayaran sekolah anak’ di kalangan PNS masa semrawut. Karena memang lazimnya upah tersebut cair di bulan Juni atau menjelang tarikh ajaran baru sekolah-sekolah. Sebab itu bagi PNS yang sudah memiliki anak lazimnya akan mengatakan gaji itu untuk bayaran sekolah anaknya.

Tahun tersebut sama, rencananya gaji itu akan dicairkan di bulan Juni 2021 ini. Selain untuk PNS yang turut mendapatkan gaji ke-13 ialah TNI/Polri. “Pemerintah akan memberikan gaji ke-13 yang nanti pelaksanaannya akan dilakukan Juni 2021, ” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani belum lama ini.

Gaji ke-13 untuk pensiunan dan penerima pensiun terdiri atas pensiun sari, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, dan tambahan penghasilan.

Besaran gaji PNS ragam terbaru diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 15/2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas PP No. 7/1977 tentang Peraturan gaji PNS.

Baca Selengkapnya: Gaji ke-13 PNS Sebentar Lagi Reda, Intip Besarannya

(fbn)