News

Penumpang Transportasi Naik Drastis saat Idul Adha, Paling Tinggi Lewat Bahar

Penumpang Transportasi Naik Drastis saat Idul Adha, Paling Tinggi Lewat Bahar

JAKARTA – Pergerakan penumpang transportasi umum pada era Libur Idul Adha di sebesar simpul transportasi seperti di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan terpantau meningkat di banding hari pokok. Hal ini dikarenakan adanya libur panjang selama 3 hari lantaran Jumat 31 Juli 2020 mematok 2 Agustus 2020.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan telah memprediksi bakal terjadi peningkatan penumpang pada hari Raya Qurban tersebut. Hal tersebut dikarenakan jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, yang berarti akan ada libur panjang akhir minggu (long weekend).

  Menyuarakan juga: Keren, Ada Kereta Tanpa Masinis Pertama Indonesia di Bandara Soetta

“Berdasarkan pantauan kami, sejumlah penumpang pemindahan umum mengalami peningkatan di melaksanakan hari biasa. Kami meminta pada para operator transportasi dan penumpang agar tetap disiplin untuk mengindahkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 pada transportasi umum, ” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Minggu (2/8/2020)

Berdasarkan pantauan, kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada moda angkutan penyeberangan. PT ASDP mencatat, jumlah mutlak penumpang yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni pada Kamis (30/7/2010) pagi hingga Jumat (31/7/2020) cepat tercatat sebanyak 46. 688 karakter atau naik 147% dibandingkan realisasi periode sama Idul Adha tarikh lalu sebanyak 31. 677 orang.

  Mengucapkan juga: Tak Hanya Bogor, Bus Gratis Disiapkan di Beberapa Tumpuan Itu

Sedangkan, peningkatan jumlah penumpang terjadi di Bandara Soekarno Hatta sekitar 16% di bandingkan hari biasa. Namun, pada Kamis lalu menjadi ujung pergerakan penumpang yaitu mencapai 37 ribu lebih penumpang.

Lalu, peningkatan jumlah penumpang pesawat perharinya di Bandara Soetta juga diikuti dengan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 13%, yaitu sebesar 460 lebih pergerakan pesawat perhari.

Selain pada Bandara Soetta, peningkatan jumlah pengikut harian juga terjadi di Bandara Juanda Surabaya dan Yogyakarta (YIA). Di Bandara Juanda Surabaya, berlaku peningkatan jumlah penumpang harian sekitar 11 ribu lebih penumpang perharinya, dibandingkan dengan hari biasa yang hanya mencapai 5 ribu pengikut perharinya. Sementarai itu, di Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA), serupa mengalami peningkatan sekitar 31 komisi di banding hari biasa, secara jumlah penumpang perharinya mencapai 3600 lebih penumpang, baik yang muncul maupun yang berangkat dari YIA.

Loading…