News

Penurunan Harga Gas Industri Diminta Lekas Diimplementasikan di Dunia Usaha

Penurunan Harga Gas Industri Diminta Lekas Diimplementasikan di Dunia Usaha

JAKARTA – Pemerintah didorong untuk segera implementasikan penurunan kehormatan gas bumi tertentu. Hal itu agar dunia usaha dapat berdiam di saat Covid-19.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi B Sukamdani mengatakan pengimplementasian penurunan harga gas bumi tertentu dalam titik serah pengguna gas bumi (plant gate) untuk seluruh sektor industri menjadi harga USD enam per mmbtu dengan nilai Amerika Dollar setara dengan Rp14. 000 harus segera dilakukan.

  Baca juga: PGN-Pertamina EP Sepakati Perjanjian Jual Beli Gas USD4/Mmbtu

Saat tersebut hanya 7 sektor industri dengan bisa mendapatkan harga USD 6mmbtu tersebut. Sebagian besar industri sedang membayar dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga tersebut.

“Selain tersebut, pengenaan tagihan gas seharusnya juga disesuaikan dengan konsumsi industri, tidak kontrak yang berlaku, ” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (31/5/2020).

  Baca juga: BPH Migas Indentifikasi Kendala Penurunan Harga Gas

Dirinya pula berharap agar pemerintah membebaskan beban minimum untuk gas. Hal tersebut dikarenakan industri mengalami kesulitan istimewa di masa pandemik.

Oleh sebab itu, lanjutnya, penghapusan mekanisme tagihan minimum gas oleh PGN yang akan sangat meringankan beban biaya industri. “(Serta) mendapatkan flexibilitas untuk membayar gaya sesuai dengan konsumsi gas dengan mengikuti pemakaian dalam proses manufaktur, ” ujarnya.

(rzy)

Loading…