News

RI-Singapura Kembangkan Panas Bumi di Sumatera

RI-Singapura Kembangkan Panas Bumi di Sumatera

  JAKARTA – Pemerintah memperkuat kerjasama dengan Singapura dalam tempat energi. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan kerjasama internasional ini dibutuhkan dalam mendukung transisi energi.

“Pertemuan bilateral dengan Singapura diharapkan dapat semakin meningkatkan kerjasama menghadapi berbagai tantangan transisi gaya, ” ujar Arifin di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Kedua negara bersetuju tentang melimpahnya potensi kerjasama transisi energi yang dapat dikembangkan serta perlu diperkuat lebih lanjut, lengah satunya potensi panas bumi di Sumatera.

Baca Selalu:   Pengembangan Infrastruktur Panas Bumi Terhalang Medan yang Sulit

“Singapura juga mengirimkan penghargaan atas partisipasi Menteri ESDM dalam Singapore International Energy Week (SIEW) 2020, ” katanya.

Dalam kerjasama bilateral pada sektor energi yang cukup vutal adalah pasokan gas untuk Singapura. Selain kerjasama tersebut, saat itu Singapura juga memiliki berbagai investasi di Indonesia dalam subsektor migas, ketenagalistrikan, minerba, dan energi anyar terbarukan.

Menangkap Juga:   Investasi Panas Dunia Sangat Mahal, Tingkat Kesuksesan Tidak Tinggi

Di dalam kerja sama regional, Singapura menjadi ketua Regional Energy Policy and Planning Sub Sector Network (REPP-SSN), yang bertanggung jawab akan pembentukan ASEAN Plan of Action on Energy Cooperation Phase 2: 2021-2025. Dokumen kerja sama ini akan disahkan oleh Menteri Energi ASEAN pada pelaksanaan ASEAN Ministers’ on Energy Meeting ke-38 bulan November 2020.

REPP-SSN pula akan meluncurkan dokumen 6th ASEAN Energy Outlook, yang dikembangkan bersandarkan kebijakan energi dan target sepuluh negara anggota ASEAN. Dokumen ini akan menjadi sumber utama keterangan, analisis, dan proyeksi energi dalam kawasan, dan memberikan wawasan yang mendalam tentang tren pasokan serta konsumsi energi ASEAN.

(fbn)