News

Suntikan Modal ke BUMN, Bisakah Ekonomi RI Kembali Pulih?

Suntikan Modal ke BUMN, Bisakah Ekonomi RI Kembali Pulih?

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memberikan suntikan dana kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Ada 12 BUMN yang mendapat dana negara itu.

Namun demikian, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memperingatkan negeri supaya pemberian suntikan dana buat BUMN dilakukan dengan cermat. Mengenai suntikan dana yang disiapkan sejumlah Rp149 triliun.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait suntikan dana BUMN dalam rancangan pemulihan ekonomi, Senin (8/6/2020):

1. BUMN dengan Berdampak pada Masyarakat

Pemerintah akan memberikan suntikan dana kepada Badan Usaha Hak Negara (BUMN). Hal ini buat mengantisipasi dampak virus Corona atau Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dukungan tersebut untuk BUMN yang dianggap memiliki pengaruh besar hajat hidup bangsa. Di mana perannya dari bagian exposure besar sistem keuangan & dimiliki pemerintah dengan total substansi yang cukup besar.

2. 12 BUMN Mampu Suntikan Dana

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan, pemulihan ekonomi nasional akan dikerjakan melalui BUMN mencakup 12 BUMN dari subsidi, penyaluran bansos, PMN dan dana talangan.

3. Peringatan DPR

Anggota Komisi XI DPR-RI Kamrussamad mengatakan pemberian anggaran untuk BUMN ini harus dilakukan tinjauan ulang. Menurutnya, suntikan perkiraan untuk BUMN dalam program pemulihan ekonomi ini harus dilakukan secara cermat dengan memperhatikan skala pengutamaan.

Berdasarkan catatannya, mematok saat ini ada 10 BUMN yang memiliki utang terbesar. BUMN tersebut tersebar di berbagai daerah dari mulai keuangan, energi mematok infrastruktur.

Bahkan, penumpukan utang BUMN ini sudah terjadi sejak 2018 lalu.

Loading…