News

Terkuak, Alasan Bansos Beras 15 Kg Disalurkan hingga Desember

Terkuak, Alasan Bansos Beras 15 Kg Disalurkan hingga Desember

JAKARTA awut-awutan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyaksikan langsung pencairan Sandaran Sosial Tunai (BST) Tahap VII dan distribusi Bantuan Sosial Beras (BSB) di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu 7 Oktober 2020.

Di hadapan keluarga penerima manfaat (KPM), Juliari mengirimkan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat Kota Perwira.

Baca Juga:   Sudah Cek Rekening? 11, 4 Juta Pekerja Dapat BLT Subsidi Honorarium

“Saya melangsungkan salam Bapak Presiden kepada asosiasi di Surabaya. Saya hadir ke berbagai kota di Tanah Air, termasuk Surabaya, untuk memastikan bahwa negara hadir di tengah pandemi, ” katanya saat menyaksikan pembagian BST di Kantor Pos Tumbuh di Kota Surabaya seperti dikutip keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Selain BST, BSB, dan bansos lain dari Kemensos, pemerintah juga meluncurkan berbagai jenis bantuan lainnya. Antara BLT Sedekah Desa, Kartu Pra Kerja.

Baca Juga:   Cepat Cair, Anggaran BLT Cs Bakal Terus Ditambah?

“Kemudian dari pemerintah daerah, kabupaten dan kota juga menyiapkan bansos. Cukup banyak. Bapak Pemimpin berharap dengan berbagai bantuan itu dapat membantu masyarakat, ” katanya.

Selain itu, zaman kunjungan di Surabaya Mensos Juliari dan rombongan mendatangi Kantor Kecamatan Gayungan, Jl. Masjid Agung Awak. No. 2, Gayungan, Kota Surabaya dalam rangka peluncuran BSB. BSB merupakan bansos terbaru dari Kemensos yang baru diluncurkan pada kamar September lalu. Penerimanya adalah KPM PKH sebanyak 9 juta rumpun. Besarnya ditetapkan sebesar 15 kg/KPM/bulan selama 3 bulan.

“Dengan BSB diharapkan bisa membantu kebutuhan pokok KPM. Masyarakat mendapatkan beras premium dari Bulog, ” ucap Ari.

Mensos Ari juga berpesan kepada KPM untuk memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan dengan sudah didapatkan. Dia juga memberikan apresiasi kepada mitra Kemensos yaitu PT Pos yang menyalurkan BST dan Perum Bulog yang mengirimkan beras.

Ketua Milenial Muslim Bersatu Khairul Anam menghargai kebijakan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) ini dapat menyelamatkan perekonomian masyarakat dari jerat keterpurukan kelanjutan virus corona.

“Bantuan Kemensos ini sangat membantu klub terdampak Covid-19, dengan begitu kesibukan tetap lancar, dan masyarakat tak begitu terlalu khawatir akan kontraksi ekonomi di keluarganya, karena negeri hadir memberikan bantuan dan pelestarian sosial, ” ujar Anam.

Pemberian BST di Kota Surabaya sebanyak 225. 255 KPM dengan nilai total Rp67. 576. 500. 000 akan menambah daya beli keluarga miskin dan mengurangi beban hidup.