News

Tersebut Bukti Kelapa Sawit Topang Perekonomian Indonesia

Tersebut Bukti Kelapa Sawit Topang Perekonomian Indonesia

JAKARTA – Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas strategis yang memiliki peran besar di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan, kelapa sawit juga berperan baik sejak aspek ekonomi, sosial dan ketahanan energi nasional.

Plt. Direktur Kemitraan Badan Pemangku Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Edi Wibowo mengatakan, Indonesia adalah produsen terbesar minyak sawit negeri, produk kelapa sawit dan turunannya telah diekspor ke seluruh arah dunia dan merupakan komoditas pencetus devisa ekspor terbesar Indonesia di luar non migas.

  Baca juga: Ekspor ke China hingga India Dibuka, Kelapa Sawit RI Jadi Pilihan Utama

“Rata-rata nilai ekspor (kelapa sawit) per tahun mencapai sebesar USD21, 4 miliar atau rata-rata 14, 19% per tahun dari total ekspor non migas Indonesia, ” ujar Edi di dalam Webinar bertajuk Prospek Bisnis Vitamin A & E Berbasis Minyak Kelapa Sawit, Rabu (9/12/2020).

Edi menambahkan, dalam masa pandemi Covid-19, sektor kelapa sawit terbukti mampu bertahan serta tetap menyumbangkan devisa ekspor yang cukup besar. “Hingga Agustus 2020, devisa terkumpul dari ekspor sawit mencapai USD13 miliar di pusat lesunya sektor-sektor penghasil devisa yang lain seperti migas, batu bara & pariwisata, ” kata dia.

  Baca juga: Ekspor ke China hingga India Dibuka, Kelapa Sawit RI Siap Pilihan Utama

Tidak hanya itu, perkebunan serta industri kelapa sawit juga telah membuka jutaan lapangan kerja dalam negeri, baik untuk petani sawit, pekerja pabrik dan tenaga kerja lainnya di sepanjang rantai produksi kelapa sawit dari kebun sampai menjadi produk akhir.