News

Tidak Ingin Dilecehkan Singapura, Menko Luhut Lakukan Ini

Tidak Ingin Dilecehkan Singapura, Menko Luhut Lakukan Ini

JAKARTA – Pemerintah akan segera memperbaiki sistem logistik di Indonesia. Salah satunya siasat yang ditempuh adalah dengan mendaulat Batu Ampar di Batam sebagai green port pertama di Nusantara dan menerapkan konsep Ekosistem Pemasokan Nasional (Ekolognas).

Gajah Koordinator (Menko) Bidang Maritim serta Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan pembangunan ini dilakukan agar Indonesia tidak dilecehkan oleh Singapura. Beserta bisa sejajar dengan negara Singapura.

Baca Juga: Sri Mulyani: Sistem Logistik Indonesia seperti Benang Ruwet

“Kami ingin Batam jadi contoh green port pertama di Indonesia, Pelabuhan Batu Ampar. Besok saya juga ingin lihat ekolognas itu, supaya kita bisa sama dengan Singapura, supaya kita tidak dilecehkan Singapura sebenarnya kita dilecehkan ini karena kita sendiri, ” kata Luhut dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).  

Luhut mau mendorong terciptanya laut dan pantai yang bersih dengan cara menumpukan Bakamla dan Angkutan Laut buat menyergap kapal-kapal yang sengaja menghapuskan sampahnya. Serta, menertibkan alur saluran fiberoptik yang diharapkan bisa sempurna pada tahun ini.

Baca Juga:   Oleh sebab itu Bangsa Tak Tegak Dadanya, Luhut: Terlalu Lama Kita Disogok-sogok

“Saya kira telah terlalu lama negeri ini tak efisien, ” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan biaya Penyediaan Indonesia lebih tinggi dari Negeri ASEAN yakni 23, 5% kepada produk domestik bruto.

“Biaya logistik kita dibandingkan negeri ASEAN ini lebih tinggi. Ini menyebabkan perekonomian Indonesia masih menetapkan terus memperbaiki kompetisinya. akan bisa menurunkan dari 23, 5%, ditekan menjadi 17%, ” ujar Sri Mulyani.

(kmj)