News

UU Cipta Kerja Berikan Banyak Peluang untuk UMKM

UU Cipta Kerja Berikan Banyak Peluang untuk UMKM

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut undang-undang (UU), Cipta Kerja memberikan penuh peluang bagi Usaha Mikro Mungil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang lebih besar.

Selain kemudahan perizinan, UU Ciptaker selalu menjadi landasan bagi pemerintah buat memberi dukungan bagi UMKM mencuaikan pengembangan klaster, penyediaan lahan, aspek produksi, infrastruktur, pemasaran, digitalisasi, kemitraan.

Baca juga; IHSG Lengai akibat Demo UU Ciptaker tapi Tak Akan Lama

“Kemudian, kemudahan fasilitas pembiayaan fiskal, insentif pajak, kemudahan memasukkan, hingga jaminan kredit, ” ujar dia dalam acara seminar maya HPN, Peran Serta Pengusaha Nahdliyin dalam Revitalisasi Ekonomi Nasional, Jumat (9/10/2020).

Pihaknya selalu menjelaskan terkait situasi pandemi Covid-19 ini telah menciptakan peluang terpaut dengan percepatan go digital serta inovasi teknologi untuk mendukung produktivitas masyarakat di Indonesia.

Baca juga; IHSG Dibuka Melemah Tipis ke 5. 033 Pasca-Demo UU Ciptaker

Percepatan go digital tersebut seiring berkembangnya less contact economy (perekonomian dengan sedikit kontak), seolah-olah penggunaan digital payment untuk menyelenggarakan transaksi, mobile banking, dompet digital, dan sebagainya.

“Jadi, peluang tersebut perlu ditangkap oleh UMKM. Kerja sama dengan maklumat digital untuk memasarkan produk menjadi salah satu opsi untuk sanggup bertahan di era pandemi, ” ungkap dia.

 

Kemudian, lanjut dia, pelaku UMKM juga mesti lebih pintar di dalam memasarkan produk-produknya. Seperti promosi yang masif dibutuhkan untuk mendorong permintaan produk UMKM.

“Misalnya pemberian cash back dan diskon yang dapat digunakan untuk membeli produk UMKM, ” tandas dia.

(kmj)