News

Wapres: Jangankan Jadi Pemain Ijmal, Penuhi Kebutuhan Makanan Legal Kita Masih Impor

wapres-jangankan-jadi-pemain-global-penuhi-kebutuhan-makanan-halal-kita-masih-impor-1

JAKARTA – Wakil Kepala Ma’ruf Amin mengungkapkan Nusantara masih mengimpor produk sasaran halal untuk memenuhi hajat masyarakat Muslim di dalam negeri.

“Jangankan sebagai produsen dan menjelma pemain global, untuk memenuhi kebutuhan makanan halal pribumi saja kita masih harus impor, ” kata Wapres dilansir dari Antara, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Menperin Mengekspos Kekuatan Industri Fesyen Muslim Indonesia

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia sedang cukup besar membelanjakan keluaran halal, yakni mencapai USD173 miliar atau 12, 6% dari pangsa pasar buatan makanan halal dunia.

“Indonesia justru menjelma konsumen produk halal terbesar di dunia, menjadi konsumen terbesar dibandingkan dengan negara mayoritas Muslim lainnya, ” tukasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Indonesia Jadi Pembuat Halal Nomor 1 Dunia

Indonesia bahkan juga belum bisa mengoptimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan industri produk halal di dalam jati. Indonesia seharusnya dapat memanfaatkan potensi tersebut di pabrik produk halal seperti Malaysia, kata Wapres.

“Kita belum mampu memakai potensi secara optimal seolah-olah Malaysia, bahkan Brasil dengan Muslim minoritas, utamanya pada menjadikan dirinya sebagai pembuat makanan halal terbesar pada dunia, ” jelasnya.

(kmj)